Membuat System Login Pada Aplikasi Tanpa Menggunakan Firebase Di Skethcware

Membuat Login System Pada Aplikasi Di Sketchwars

Sketchware merupakan sebuah software yang digunakan untuk membangun, membuat dan mengembangkan aplikasi hanya dengan Ponsel kalian tanpa susah-susah menginstall Software berat lainnya, keunggulan sketchware ini juga dapat digunakan secara Offline alias tanpa Internet.

Untuk membuat Login system ini kita dapat memanfaatkan block equals yang terdapat pada bagian Operator. Oke kalau begitu kita langsung saja ke tutorialnya:

Buat dua component SharedPreference terlebih dahulu pada tab Component, yang pertama beri nama dengan Username dan yang kedua Password. Pastikan sebelum membuat login system kalian buat halaman sign up terlebih dahulu untuk menyimpan data yang dimasukan oleh user nantinya.

Oke sekarang kalian buat Linear V dan masukan dua edittext lalu satu Button beri nama sebagai Sign Up Now (Optional). Jika sudah kalian pergi ke tab logic dan buat logic block seperti pada gambar dibawah ini:

Penjelasan : Pada pengkondisian if kita menggunakan operator equals dan isi kolom pertama & dua dengan edittext getText dan kolom ketiga biarkan kosong, dimana nantinya jika user tidak memasukan satu hurufpun maka edittext akan terjadi error, sebaliknya jika kondisi tidak benar maka yang akan dijalankan adalah pengkondisian else dimana user memasukan kata pada edittext satu dan dua.

Maka setelah itu secara otomatis component SharedPreference ini menyimpan data Username dan Password yang telah input oleh user tadi dan akan di gunakan pada saat user login, tambahan dialog component hanya untuk memberikan feedback kepada user bahwa username dan password berhasil dibuat.

Sekarang kalian buat halaman login yang akan diakses oleh user pada saat memasuki Aplikasi kalian. Berikan Design / Widget seperti halaman sign up tadi.

Lalu sekarang pindah ke logic Button 1 yang ada pada halaman login kalian, ikuti block seperti yang ada pada gambar berikut ini:

Penjelasan : Pada pengkondisian if kita buat hampir sama seperti pada bagian login page hanya bedanya saja kita tidak membiarkan block equals itu kosong, melainkan kita memasukan data SharedPreference.

Dimana data yang ada pada SharedPreference dengan nama username akan diambil dan dicocokan dengan apa yang user ketikan pada edittext satu dan dua. Jika pengkondisian if bernilai true / benar (username dan password cocok)  maka akan dijalankan bagian block selanjutnya, yaitu user akan di Direct ke halaman yang kalian inginkan.

Oke jadi itu dia penjelasan singkat mengenai bagaimana Cara Membuat Login System Tanpa Menggunakan Firebase Di Sketchware



Silahkan bertanya di kolom komentar jika kurang faham. Mohon bertanya dengan Sopan. Terimakasih

Post a Comment

0 Comments