DASAR! Cara Membuat Blog WordPress Gratis! Untuk Blog Tutorial, Blog Pribadi Dan Lainnya

wordpress.com

Cara Membuat Blog WordPress Gratis - Haii Readerss, kalian pasti pernah mendengar yang namanya WordPress kan? Iya WordPress.

WordPress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS), ada lebih dari 30% Website di dunia menggunakan WordPress, sealin karena Open Source, WordPress ini juga mudah di gunakan (kata Orang :v wkwk).

Nah bagi kalian yang berminat menjadi penulis blog seperti saya dan menghasilkan uang, kalian bisa tuh membuat blog dari WordPress. Kalian ga tau caranya? hehe jangan kawatir kali ini saya akan kasih tau cara membuat blog di WordPress tanpa Hosting dan 100% Gratis!!.

Pertama kalian masuk dulu ke situs WordPress.com. Setelah masuk ke situsnya, langsung saja kalian klik daftar seperti umumnya menggunakan Email, Nama.

Sebelum lanjut mending kalian lihat dulu nih apa lagi yang harus diisi;

Jika sudah yakin dengan jawaban kalian langsung saja klik selanjutnya di bawah Form tersebut, maka kalian akan di bawa kehalaman baru yang dimana kalian harus membuat alamat blog kalian;

Untuk mendapatkan Domain gratis kalian cukup masukan nama blog anda yang telah di buat pada laman sebelumnya, misalnya judul blog anda adalah Situs Saya, maka kalian menuliskan pada alamat blog anda "situssaya" (tidak pakai tanda Petik) dan yang terakhir kalian pilih Domain gratis di bawahnya, biasanya (.wordpress.com).

Setelah langkah terakhir di atas telah anda selesaikan maka anda telah berhasil membuat blog dari WordPress. Saran dari saya, setelah kalian selesai membuat blog akan diarahkan ke Setting / Dasbor blog anda, maka langsung masukan "Slogan" atau Deskripsi blog anda, jangan lupa juga untuk membuat Logo guna mudah dikenali Orang Banyak.

Jangan lupa di praktikan dengan baik dan benar ya,,, hehe. Mungkin di kesempatan lain saya akan membuatkan Tutorial bagaimana cara membangun Website berbasis WordPress.
\
Keunggulan dari blog WordPress adalah dapat menginstall Plugin-Plugin yang membantu dalam membuat suatu Postingan atau membuat Blog kita dapat menjadi blog yang sangat SEO Friendly, dapat membuat Toko Online / Online Shop menggunakan Plugin WoCommerce. Dalam Postingan saya sebelumnya telah membagikan Template WoCommerce secara Gratis!. Selebihnya ga jauh-jauh banget sama Blogger.

Kenapa saya memilih Blogger ketimbang WordPress? Pertama saya adalah seorang pemula, dan menurut saya WordPress itu lebih sedikit sulit di gunakan bagi pemula seperti saya, dan yang kedua adalah Dasbornya yang menurut saya sangat Kompleks sehingga untuk mencari ini itu sedikit kesulitan, ditambah saat ingin mengedit Template saya harus muter-muter mencari dimana letaknya :)

Itu semua tegantung pada penggunanya masing-masing jika dia lebih nyaman dengan WordPress silahkan menggunakan WordPress, jika lebih nyaman dengan Blogger silahkan menggunakan Blogger.

Post a Comment

2 Comments

  1. Dulu pernah nyoba pake wordpress tapi ngak dilanjutin. Padahal enak ada plugin ya, wkwk jadi pengen nyoba lagi ah 😌

    ReplyDelete
  2. Pertama kali kenal dunia blog pakai blogger.. Dan udah terbiasa pakai blogger.. Dulu aku kira wp itu berbayar.. Ternyata ada yg gratis juga.. Pernah sih pakai wp.. Dan belum terbiasa sama panel nya.. Jadi balik lagi ke blogger.. Heheh

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)