Cara Mengetahui Jalur Atau Rute Sebuah Paket Komputer Ataupun Sebuah Website


Oke sobat Blogger balik lagi di Berita Internet1. Kali ini Saya akan membagikan cara Jalan/Rute Sebuah Paket Data Dari Sumber Hingga Mencapai Tujuan. Teknik yang akan kita pakai kali ini adalah Melacak dengan Traceroute. Traceroute sendiri adalah Program yang dibuat oleh Van Jacobson yang berguna untuk melacak Jalan Sebuah Paket Dari Sumber Hingga Mencapai Tujuan.

Kita akan melakukan Tracing yang di gunakan untuk mengetahui Rute Paket Jaringan Komputer dari satu Host ke Host lainnya yang terhubung ke jaringan, mulai dari Hop / titik awal sampai ke Hop akhir.
Prinsip kerja Traceroute sendiri adalah seperti Kita pergi ke Misal dari Kota Ke Kota menggunakan Bus dan harus melakukan Transit barulah sampai ke tempat tujuan.

Oke langsung aja ke Tutorialnya. Bahan yang harus kalian siapkan :

  1. Komputer/PC
  2. Koneksi Internet
Nah setelah semua bahan sudah disiapkan Lanjut ke Tutorialnya :

  1. Buka CMD dengan cara Tekan Tombol Windows + R
  2. Setelah masuk ke CMD/DOS kalian ketikan Tracert IP-Addres  atau Tracert website-target.com
Proses Tracing selesai
Kemudian setelah kalian ketikan Perintah di atas maka akan keluar gambar seperti diatas. Saya akan menjelaskannya satu-satu, pertama pada bagian Paling Kiri angka 1 dan seterusnya merupakan jumlah Hop yang dilewati. Kolom ke-dua sampai ke-empat Merupakan waktu Proses yang di tempuh Oleh paket icmp / ping pada sebuah Router. Sedangkan pada bagian Terakhir menunjukan IP-Addres yang dilewati.
Perhatikan gambar diatas, terdapat 6 Terminal atau Pelabuhan yang harus dilewati sebelum mencapai tujuan.


Oke setelah kita melakukan Tracing menggunakan CMD/DOS kalian juga bisa menggunakan website https://network-tools.com/. Perbedaan nya adalah network-tools.com melakukan Tracing dimulai dari Amerika Serikat hingga mencapai Domain/IP yang kalian Tuju.

-------------
Thanks, Subscribe Now
--------------------------------------------------

(<ALMNZ7>)

Post a Comment

2 Comments

  1. Mantab gan sangat membantu. Kalo boleh saya request cara mengetahui jenis system operasi yang di jalankan sebuah server. Tolong gan Saya lagi butuh banget nih,,,,

    ReplyDelete
  2. walah begitu ya min... terus cara memibinalisir paket nya gmna min

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)